HELP  0751-8952304


Sejarah Singkat


Universitas Sains Malaysia yang didirikan pada tahun 1969, merupakan universitas tertua kedua di negara ini. Sebelum UU Universitas diberlakukan pada 4 Oktober 1971, Universitas Sains Malaysia dikenal sebagai Universitas Penang.

Pada tahap awal, Universitas Sains Malaysia (USM) dimulai dengan pengambilan sebanyak 57 orang siswa sains. Sejak itu, USM berkembang dengan pesatnya dan kini USM mampu menawarkan berbagai kursus di tingkat sarjana dan gelar tinggi kepada lebih 20.000 orang siswa. Kini, USM terkenal sebagai antara universitas tersohor di dalam maupun di luar negeri.

USM didirikan hasil persetujuan yang tercapai dari resolusi yang disetujui oleh Dewan Undangan Negeri Pulau Pinang pada tahun 1962, yang menyarankan agar sebuah kolej universiti didirikan di Penang. Sehubungan itu, sebidang tanah diidentifikasi di Sungai Ara sebagai situs kampus universitas ini. Dewan Peletakan Batu Dasar di situs ini diresmikan oleh Perdana Menteri Malaysia Y.T.M Tunku Abdul Rahman Putra Al-Haj pada 7 Agustus 1967.

Namun, Universitas Penang didirikan pada tahun 1969 untuk menampung kebutuhan kampus yang lebih luas dan lingkungan yang lebih kondusif sesuai dengan kebutuhan negara di masa depan.

Pada bulan April 1969, Profesor Hamzah Sendut telah ditunjuk sebagai Wakil Rektor. Dua bulan kemudian, kelompok pertama sebanyak 57 orang siswa telah diterima masuk untuk mengikuti pengajian mereka. Mengingat area kampus di Sungai Ara belum dikembangkan, maka kelompok mahasiswa ini ditempatkan di Maktab Perguruan Persekutuan Bukit Gelugur yang dipinjamkan dari Departemen Pendidikan. Pada tahun 1971, kampus yang seharusnya di Sungai Ara dipindahkan ke situs yang ada sekarang, yaitu di Minden. Lokasi baru seluas 500 acre yang terletak di daerah perbukitan ini begitu mempesona dengan lingkungannya yang menghijau, ditambah pula dengan keindahan laut yang luas terbentang.

Sejak penubuhannyanya, USM menerapkan sistem sekolah, yang agak berbeda dengan sistem falkulti yang lazimnya dipraktikkan. Uniknya sistem ini adalah bahwa siswa setiap perguruan dapat memenuhi kebutuhan kelulusan khusus di dalam bidang yang dipilih dan pada saat yang sama, siswa berpeluang mengikuti bidang studi dalam disiplin lain yang ditawarkan oleh pusat studi yang lain. USM merupakan universitas pertama yang mengadopsi pendekatan antara bidang ini. Melalui pendekatan ini, USM dapat memastikan bahwa lulusan yang dihasilkannya terlatih dan serbaguna.

Kampus Induk USM terletak di bagian pulau Penang dengan luas 591.72 ekar (240.13 hektar). USM memiliki dua kampus cabang yaitu Kampus Kesehatan yang terletak di Kubang Kerian (lebih kurang 300 km dari Kampus Induk) dan Kampus Teknik yang terletak di Nibong Tebal (lebih kurang 50 km dari Kampus Induk). Pusat Studi Ilmu Kedokteran, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Pusat Studi Ilmu Kedokteran Gigi terletak di Kampus Kesehatan, sedangkan Kampus Teknik menempatkan enam Sekolah Teknik. Hingga kini, lebih dari 30.000 siswa telah mendaftar di USM.