HELP  0751-8952304


Sejarah Singkat


​​Universitas Teknologi Malaysia (singkatan: UTM) adalah sebuah universitas di Malaysia. Namanya diubah dari Institut Teknologi Nasional ke Universiti Teknologi Malaysia pada 1 April 1975. Namun, UTM sebenarnya telah mencapai taraf universitas 3 tahun lebih awal yaitu pada 14 Maret 1972. UTM amat terkenal dalam bidang teknik baik didalam maupun diluar negeri.

Kampus utama UTM berada di Skudai, Johor seluas 1222 hektar, sedangkan kampus cabang berada di Kuala Lumpur seluas 18 hektar. UTM memiliki 13 fakultas dan 17 asrama di kampus Skudai. Kebanyakan siswa tinggal di dalam kampus.

Universitas ini memiliki perpustakaan yang sangat besar (dikenal sebagai Perpustakaan Sultanah Zanariah) dengan fasilitas online. Ada layanan bus gratis, serta lokal dan internasional restoran di kampus. Universitas juga menyediakan fasilitas ramah cacat.

Webometrics Ranking of World Universities menempatkan UTM di tempat keempat di wilayah Asia Tenggara, dan bagian atas di Malaysia. Dalam Peringkat Universitas QS, UTM berada di peringkat 164 untuk "Universitas bidang Mesin & IT" diantara universitas peringkat dunia lainnya tahun 2012, peningkatan 190 pada tahun sebelumnya. UTM bertujuan mencapai status universitas global dan peringkat 50 universitas terbaik dunia tahun 2020.

UTM memiliki 13 asrama, yang dapat menampung 17.500 siswa. Di antara fasilitas yang disediakan di setiap asrama adalah kantin, ruang serbaguna, ruang ibadah, lapangan tenis, internet dan pusat komputer, pertokoan dan ruang umum. 13 asrama ini terbagi atas 3 area diantaranya adalah Asrama Lingkar Dalam yang terdiri dari Kolej Rahman Putra, Kolej Tun Fatimah, Kolej Tun Razak, Kolej Tun Dr. Ismail, Kolej Tuanku Canselor. Asrama Lingkar Luar terdiri dari Kolej Perdana, Kolej 9, Kolej 10, Kolej Datin Sari Endon, Kolej Tun Ghafar Baba, dan Kolej Dato' Onn Jaafar. Sedangkan untuk asrama luar kampus, terdapat Kolej Siswa Desa Skudai (KSDS) yang hanya untuk pelajar lelaki saja.